Air Terjun Desa Bunutin

Tuesday, January 10, 2017

Bunutin Waterfall

Petualangan kali ini kita akan mengunjungi Desa Bunutin Kintamani, tahu apa yang kita cari?
Yups.. yang kita cari adalah Air Terjunnya.

Termasuk daftar air terjun yang belum begitu terjamah oleh orang - orang, masih sangat banyak yang belum tahu akan nama dan lokasinya dikarenakan minimnya informasi, petunjuk arah dan medannya itu guys, masih susah dilalui..hhe

Air Terjun Bunutin

Bunutin Waterfall! 
Itulah nama air terjun yang dinamai warga sekitaran sini, diambil dari nama desanya sendiri. 
penduduk disini sangat ramah - ramah, saya sempat kebingungan mencari lokasi air terjun ini sampai saya bertanya kesalah seorang penduduk, tak disangka mereka membalas pertanyaan saya dengan welcome sekali, seingat saya dalam perjalanan saya kesini sudah sempat 3 kali bertanya pada warga, dan semuanya memberikan saya informasi dengan sangat ramah.

Desa Bunutin Kintamani

Untuk yang berencana kesini, pertama kalian cari dulu Pura Ulun Danu Batur, setelah melewati Pura ini teruskan perjalanan ke arah utara sampai kalian melihat papan petunjuk jalan ke Desa Bunutin di sebelah kiri ( ini berlaku kalau kalian datang dari selatan ) belok ke arah kiri menuju Desa Bunutin dan teruskan perjalanan sampai kalian melihat papan bertuliskan Air Terjun Bunutin dikiri jalan, kalau kalian sudah melihatnya itu artinya kalian sudah sampai dilokasi Air Terjunnya.


Instagram : @gunsgloriess

Nah.. yang jadi masalah gimana kalau papan petunjuknya tidak ada atau kalian tidak melihatnya, caranya tetap sama cari dulu arah ke Desa Bunutin, sampai kalian melihat gardu pln di sebelah kiri kalian, lokasi Air Terjunnya persis di sebelah gardu ini ada jalan masuk ke arah kiri yang terdapat pohon leci yang lumayan mencolok dari jalan utama, di catat ya lokasi gardu ini sebelum pertigaan yang kalau kalian lurus terlihat gapura selamat datang.

Travel Blogger Bali

Setelah kalian memasuki jalan yang dikiri tadi, disini petualangan dimulai, jalannya tidak sebagus yang kalian pikirkan, sebagian masih berupa kerikil, tanah dan rerumputan. Belum ada pihak yang mengelola tempat ini menjadi obyek wisata, oleh karena itu jalurnya seadanya saja guys..hhe

Disini kalian tinggal lurus saja ikuti jalannya sampai kalian melewati jalan yang persis sekali seperti masuk ke pekarangan rumah warga, terus lanjutkan perjalanan karna jalannya masih ada yaitu mengitari tembok belakang rumah warga, disini jalannya cuman bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja, setelah itu kalian akan melihat ada pertigaan didepan, coba kalian matikan kendaraan dan dengarkan suara air terjun dibawah, kalau sudah terdengar berarti jalan yang kalian lalui sudah benar, dipertigaan ini kalian belok kiri ya, sampai kalian melihat rumah warga lagi dan parkirlah kendaraanmu disana, selanjutnnya persiapan turun, ready?he

Echa Caramell
Jika kalian melihat warga sekitar sapalah dengan ramah dan katakan kalau kalian ingin melihat Air Terjun Bunutin anggap ini cara kalian meminta ijin kepada tuan rumah. Biasanya rutinitas warga kebanyakan berada dikebun atau mereka sedang memberi makan hewan ternaknya masing - masing di ladang dan perkebunan jeruk sekitaran areal ini.

Saya sendiri sempat menyapa dan berkenalan dengan salah satu warga pemilik kebun disini, dia sangat ramah, saking ramahnya saya di perbolehkan memetik buah jeruk miliknya yang kebetulan saat itu sudah matang dipohon, tanpa pikir panjang saya memetiknya dan langsung mencobanya tepat di bawah pohon jeruk itu, nyamm.. hmm.. kebayangkan rasanya yang masih fresh banget.. :)

Like & Share ya :)
Inilah bagian yang agak sulit, kalian harus berjalan melalui jalanan kecil di celah - celah kebun jeruk warga, perhatikan tiap langkah kaki kalian carilah jalan turun yang tidak begitu terjal, temukan dan ikuti bekas kebun yang menurut kalian bekas orang lain lalui, kalau ragu - ragu tanyakan saja pada warga yang kalian temui, dari tempat kalian parkir menuju kebawah ke tempat Air Terjun Bunutin cuman 15menitan, jalannya agak lembab dan licin kalian harus extra hati - hati ya, bawalah sendal kalau kalian tidak mau sepatu kalian kotor.

Setelah medan sulit itu terlewati itu artinya kalian sudah sampai guys, selanjutnya kalian tinggal mengatur nafas dan nikmati indahnya Bunutin Waterfall! Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan email atau comment dibawah ya.. 'See you soon guys! 


Location    : Check Here
Instagram : @gunsgloriess

Travel Blogger Bali
( Harap selalu menyertakan sumber atau link )


You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Tempat Menarik di Bali" Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan pada kolom komentar.

( Catatan : Komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan )